Wednesday, December 28, 2005

MODAL AWAL DIRIKAN EO

Oleh: Safir Senduk (www.perencanakeuangan.com) Dikutip dari Tabloid NOVA No. 918/XVIII Kepada Yth Bapak Safir Saya Lili M. Umur saya 26 tahun. Sudah lama saya pengen punya usaha sendiri. Pilihan usaha yang ada di angan saya adalah bidang entertainment tepatnya event organizer (EO). Untuk memulai usaha seperti itu, kira-kira modalnya berapa ya? Saya mohon Pak Safir dapat memberikan gambaran rancangan biaya termasuk inventaris yang harus saya punyai dan lain-lain. Terima kasih atas jawabannya . Jawab: Halo Ibu Lili M, Selamat ya Bu! Ibu sedang melangkah menjadi pengusaha muda. Pasti di benak Ibu sekarang sudah tersusun sederet rencana untuk memajukan usaha.. Benar Bu? Baik. Menyiapkan usaha EO, saya rasa sama saja menyiapkan usaha-usaha lainnya. Karena perusahaan itu bergerak dalam bidang jasa, saya rasa tidak perlu harus memiliki banyak aset dulu. Miliki saja aset kantor yang sangat dibutuhkan seperti meja kursi, komputer, alat presentasi, dan perangkat telekomunikasi. Nah, ini saya rasa Ibu sudah dapat menghitung sendiri, kan, berapa yang dibutuhkan? Dana tersebut tentu tergantung pilihan Anda. Misalnya untuk barang-barang buat Jepang, Amerika, atau Eropa pasti lebih mahal dibandingkan dengan produk-produk sejenis buatan Cina atau kreasi dalam negeri. Nah, bila order sudah datang, sebaiknya tidak dikerjakan sendiri. Ibu bisa melakukan outsourching ke perusahaan luar seperti perusahaan penyedia panggung, sound system sampai penyediaan artis. Memang, sih, mungkin keuntungan yang didapat tidak besar. Tapi sebagai langkah awal, sebaiknya harus begitu. Ibu harus cari pasar dulu, kenali dunia itu. Kalau sudah mantap, Anda bisa mencebur bahkan menyelaminya. Benar begitu, Bu? Salam. Safir Senduk Perencana Keuangan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home