Thursday, November 09, 2006

INGIN BELAJAR BERINVESTASI

Oleh: Ahmad Gozali (www.perencanakeuangan.com) Dikutip dari CBN CyberSHOPPING Pak Gozali di tempat, sekarang saya memiliki dana Rp. 10 juta dan saya ingin sekali mencoba untuk memasuki dunia investasi. Rencana saya ke depan adalah serius di bidang ini. Kira-kira, apa yang bisa saya jajaki sebagai langkah awal, mengingat dunia investasi ini terlalu luas, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih. Adi Rahadi --- Bandung Jawaban: Pak Adi, Investasi selayaknya bisa dilakukan oleh semua orang, dengan dana berapapun. Jangan ragu karena merasa belum berpengalaman, takut rugi, atau tidak tahu caranya, karena semua itu bisa dipelajari dengan mudah. Keragu-raguan untuk berinvestasi sehingga akhirnya hanya menyimpan dana di bawah bantal, justru lebih merugikan daripada kerugian karena nilai investasi yang menurun. Untuk langkah awal, Anda bisa coba pelajari berbagai produk investasi seperti deposito, reksa dana dan unit link. Untuk deposito di bank, saya yakin Anda sudah cukup akrab, sehingga tidak perlu lagi pembelajaran yang khusus. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilah-milah bank mana yang kira-kira memiliki suku bunga atau bagi hasil yang paling menguntungkan. Sedangkan untuk reksa dana dan unit link, Anda bisa minta agar para agen menghubungi Anda dan menjelaskan mengenai produknya pada Anda. Jangan hanya dapatkan informasi dari satu agen penjual, namun minta informasi dari beberapa agen sekaligus agar mendapatkan perbandingan yang lebih objektif. Untuk dua produk ini, saya sarankan agar Anda masuk saja jika sudah mempelajari prospektusnya dengan baik. Tidak usah terlalu banyak memilih terlebih dahulu, karena biasanya terlalu bingung dalam memilih malah seringkali menyebabkan investor pemula akhirnya mundur dan tidak berinvestasi sama sekali. Sedangkan produk investasi lainnnya seperti saham, obligasi, dan sebagaianya bisa Anda pelajari lebih lanjut sebagai tahapan selanjutnya. Selamat berinvestasi. Salam, Ahmad Gozali Perencana Keuangan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home